Sand Riding, Tips Diatas Pasir | I'm Virtual Ambassador Safety Riding Honda Bengkulu

>> Rabu, 12 Mei 2010


Apa kabar para netter pembaca setia blog click-klik "Safety Riding Honda Bengkulu"?
Semoga baik-baik saja, bukan?
Kali ini Duta Virtual Safety Riding Honda Bengkulu, mau ngebahas tentang "Sand Riding, Tips Diatas Pasir",
Oke, langsung aja baca artikelnya...
Selamat Membaca! 
Eiits, tapi bacanya jangan ngebut ya...
^^




Berjalan diatas pasir
(gambar diatas ada lah milik http://yufinurcan.wordpress.com)

Lagi asik jalan-jalan santai, di sepajang jalan di samping garis pantai selatan Jawa. Memang asik dan menyenangkan sambil sekali-kali berhenti dan menikmati panorama pantai. Tiba-tiba… Yay… PASIR !!!.

Motor-motor general purpose kebanyakan dan skuter atau motor-motor sport yang beredar tidak didesain untuk berjalan baik di atas pasir. Walaupun begitu, kalau keadaan dan situasi memaksa, ya terpaksalah tunggangan kita tersayang tetap harus ditunggangi juga diatas pasir. Percaya atau tidak, diatas pasir, peraturan jalan raya berubah total.

FAST tidak mengajarkan secara praktek bagaimana berkendara motor diatas pasir. Sebab, menurut kami, untuk dapat benar-benar merasakan berkendara diatas pasir benar-benar harus menggunakan track pasir yang tidak hanya gundukan parit pasir sepanjang 3-4 meter saja, tidak bisa mempraktekan menikung dipasir, tidak bisa mempraktekan snaking diatas pasir, braking, dan sebagainya. Kalau benar-benar ingin coba, silahkan datang ke pantai terdekat dan coba-coba disana. Atau silahkan join ke sekolah-sekolah kursus Motor Cross.

Walaupun demikian, demi anda semua pengunjung website FAST yang setia, berikut ini adalah tips-tips riding diatas pasir. Walaupun tips ini sesungguhnya adalah tips-tips motor cross, tapi coba kita baca lagi, mungkin ada gunanya bagi kita-kita yang menggunakan motor-motor non motor cross.

Jangan terlalu menggunakan rem depan saat diatas pasir

Tips-tips ini dikumpulkan FAST dari beragam website-website diluar sana yang secara murah hati memberikan tips-tips mengenai Sand Riding.
  1. Gunakan sepatu yang lebih tinggi, tidak hanya sekedar menutupi mata kaki, tapi kalau bisa sedekat mungkin mulut sepatu ke lutut, makin baik. Karena pasir mudah sekali memasuki sepatu dan kalau sudah didalam sangat tidak nyaman, apa lagi pasir dengan butiran yang lebih besar.
  2. Kalau anda bisa memilih track, pilihlah track pasir yang basah dan terlihat padat.
  3. Kalau anda bisa memilih motor, pilihlah motor dengan tenaga dan torsi yang besar, karena diatas pasir, anda memang benar-benar membutuhkan tenaga. Kecuali anda adalah seorang rider bertubuh kecil dan ringan, so, mesin dengan cc kecil pun cukup.
  4. Kalau anda mengetahui bahwa sebagian besar medan adalah pasir, turunkan tekanan ban anda sampai 10 atau 12 psi, yang penting anda tidak menabrak benda-benda keras diatas pasir, seperti batu, kayu atau akar-akaran karena bisa membuat velg anda bengkok. Ban yang sedikit “kempes” memiliki traksi yang sangat baik diatas pasir.
  5. Kalau perjalanan anda melintasi gurun yang panjang (hi hi hi, ini tips pasti buatan orang amrik, atau orang-orang sahara), persiapkan bensin ekstra. Perjalanan diatas pasir membutuhkan tenaga extra karena akan banyak nge gas terus dan jelas akan cepat menguras bahan bakar.
  6. Ketika bergerak diatas pasir, berdiri diatas foot step dan coba pindahkan berat kebelakang, usahakan ban depan menekan permukaan pasir dengan ringan dan konsentrasikan berat pada roda belakang. Kalau roda depan terlalu menekan permukaan pasir, bakalan nyungsep, dan tergantung pada kecepatan, anda bisa saja terlempar melewati stang saat nyungsep.
  7. Berat yang terkonsentrasikan kebelakang akan meringankan roda depan untuk lebih bebas mencari arah dan lebih ringan bagi stang untuk diputar-putar.
  8. Gas terus dan terus. Secara naluriah, kita akan mengurangi gas saat terasa roda depan seperti berubah arah (karena dinamika pasir yang bergeser saat dilalui), hal ini justru memperburuk keadaan, segeralah berdiri, tarik stang kebelakang (pindahkan berat kebelakang) dan GAS, roda depan akan terangkat dari pasir dan segera arahkan ke jalur yang anda inginkan, sambil terus di GAS.
  9. Saat anda berdiri diatas foot step, usahakan kedua kaki tetap mengapit body motor, untuk kestabilan.
  10. Jika anda melakukan tikungan tajam diatas pasir, duduklah dan usahakan duduk sebisa mungkin maju kedepan (beberapa tips menyarangkan agar duduk diatas tangki) agar mengurangi berat yang tadinya terkonsentrasi pada roda belakang, miringkan motor dan naikan gas, roda belakang akan memuntahkan pasir, salah satu kaki mungkin diturunkan.
  11. Percaya diri yang tinggi. Tidak usah terlalu khawatir terjatuh karena pada-dasarnya anda akan jatuh diatas pasir yang jelas tidak sekeras aspal. Diatas pasir orang mudah terjatuh, dan syukurlah tuhan maha adil, jatuh diatas pasir tidak lah sefatal jatuh diatas aspal. Walupun demikian, tetap gunakan safety gear yang memadai. Confident !!!
  12. Selalu menggunakan helm yang memiliki penutup mata yang baik, baca lagi, penutup mata.
  13. Sebisa mungkin tidak melakukan pengereman diatas pasir, karena diatas pasir yang agak dalam, cukup mengurangi gas akan dengan cepat mengurangi kecepatan anda. Itu lah dalam tips sebelumnya anda harus aktif menggunakan gas.
  14. Kalaupun anda melakukan pengereman, gunakan kedua rem dengan  rem belakang yang lebih berperan untuk menghetikan motor, karena rem depan akan menyebabkan roda depan tenggelam kedalam pasir dan anda akan nyungsep.
  15. Aturlah agar anda melintasi pasir dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada yang biasanya, karena kecepatan yang rendah justru menyebabkan roda-roda motor tenggelam kedalam pasir. (Ini jelas gak bisa diajarkan dalam parit pasir).
  16. Pada saat start, mulailah tingkatkan kecepatan secara gradual, tidak semerta merta tarik gas, karena motor akan “fish tailing” gila-gilaan.
  17. Pasir akan menyiksa motor anda. Butiran-butiran pasir akan menempel pada sendi-sendi motor yang bergerak dan akan meng”amplas” bagian-bagian itu. Karenanya, selesai berkendara, segera bersihkan motor dari pasir. Bersihkan saringan udara dan gunakan pembersih rantai yang baik tanpa menyebabkan pasir menempel pada rantai dan gear.
Naek motor diatas pasir pantai.
Naah, sekarang anda bisa coba sendiri !!! Kepantai Yuuuks.
:repost: 
Artikel asli diambil di halaman web resmi safetyridingcourse.com
Thanks to google.com as S.E.


...Honda Menjadi Pilihan Pertama dan Utama Untuk Safety Riding di Indonesia...

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP