Tips Mudik Aman Nyaman | I'm Virtual Ambassador Safety Riding Honda Bengkulu

>> Sabtu, 24 April 2010


Apa kabar para netter pembaca setia blog click-klik "Safety Riding Honda Bengkulu"?
Semoga baik-baik saja, bukan?
Kali ini Duta Virtual Safety Riding Honda Bengkulu, mau ngebahas tentang "Tips Mudik Aman Nyaman".
Oke, langsung aja baca artikelnya...
Selamat Membaca! 
Eiits, tapi bacanya jangan ngebut ya...
^^




Pemudik motor perlu menjaga stamina selama perjalanan. Memilih makanan dan mengatur waktu istirahat sangat berpengaruh pada kondisi fisik. Pemilihan lokasi istirahat pun harus benar-benar nyaman agar cepat mengembalikan tenaga dan kosentrasi dalam melanjutkan perjalanan.

Lokasi Istirahat
Setelah melesat selama 2 sampai 4 jam, wajib istirahat. Pilih lokasi yang bisa memberi rasa aman dan nyaman (jangan tempat sepi). Lebih baik lagi jika tempatnya tersedia fasilitas, minimal ada ruang shalat, toilet dan untuk istirahat. Sebelum istirahat lakukan gerakan senam ringan selama 10 menit untuk melenturkan otot badan.
Jangan beristirahat di bawah pohon atau di pinggir jalan. “Mengandung risiko. Kalau ada mobil nyelonong bisa bahaya,” bilang Anggono Iriawan, Safety Riding Promotion Manager PT AHM.

Menu Makanan
Melakukan perjalanan jauh sambil berpuasa, harus benar-benar mempersiapkan kondisi tubuh. Kesehatan tubuh diperoleh dari pola makan sebelum memulai perjalanan. “Perhatikan kebutuhan karbohidrat, lemak, protein dan vitamin A, B, C serta E dalam tubuh. Boleh ditambah suplemen bila perlu,” buka dr. Samuel Oetoro, spesialis gizi dari Siloam Hospital, Semanggi Special Klinik, Jakarta.

Kandungan gizi makanan yang dibutuhkan tubuh, terdiri dari karbohidrat 60-70 persen, lemak 20-25 persen, protein 10-15 persen, kolesterol <300 mg, serat 30 g, garam <6 g atau 1 sendok teh. Hindari makanan kaleng atau olahan apalagi yang kaya bahan pengawet dan pemanis.
Selain makanan sehat, minum yang manis membantu mengembalikan stamina tubuh.. Menurut Samuel Oetoro, manisnya gula membuat kandungan gula darah cepat naik dan cepat turun. “Ini bikin badan lemas dan merasa lapar pada siang hari,” papar lulusan Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.

Minum Kopi Sedikit Saja
Sahur sebaiknya dilakukan pada jam akhir mendekati imsak. Agar energi yang terserap dalam tubuh bisa tahan sampai buka. Perbanyak minum air putih saat sahur. Minimal 3 gelas. Bau mulut yang muncul saat menjalankan puasa akibat mulut kering dan aliran saliva atau ludah berkurang.

Boleh minum kopi sebagai doping alami. Tapi dosisnya jangan banyak, cukup secangkir. Sedikit kafein kopi bermanfaat merangsang sistem saraf pusat dan relaksasi otot polos.

Saat berbuka puasa masih di perjalanan, minum jus atau minuman sejuk lain. Jus sebaiknya diminum airnya, agar penyerapan di saluran cerna lebih cepat. Bukan kolak atau sirup yang mengandung gula pasir. Malamnya, baru makan makanan lengkap. Nasi dengan lauk pauknya. (Tining)



Artikel asli diambil di halaman web resmi kompas.com
Thanks to google.com as S.E.  


Duta Virtual Safety Riding Honda Bengkulu, mengucapkan terima kasih pembaca setia blog click-klik "Safety Riding Honda Bengkulu" telah meluangkan waktunya membaca artikel ini. Lain kali berkunjung lagi yah...




...Try to Safety Riding With Honda, to Save Your Life On The Road...

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP