Tentang Internet | Download Materi Kuliah Teknik Informatika/Ilmu Komputer

>> Jumat, 05 November 2010

BAB I. INTERNET

Sejarah Internet

INTERNET  adalah  jaringan  komputer  komputer  yang  ada  di  seluruh  dunia  dan saling terhubung dengan  alur telpon kabel maupun satelit.. Dalam hal ini komputer  yang dahulunya   standalone   dapat   berhubungan   langsung   dengan   host-host   atau   kompuer- komputer yang lainnya.
Awalnya adalah Departemen Pertahanan Amerika pada tahun 1969 yang membuat

jaringan  komputer   yang  tersebar  untuk  menghindarkan  terjadinya  informasi  terpusat, sebagai   bagian   dari   strategi   pertahanan,   yang   apabila   terjadi   perang   dapat   mudah dihancurkan.  Dengan  sistem  informasi  yang  tersebar  bila  satu  bagian  dari  sambungan network  terganggu  akibat  serangan  musuh,  jalur  yang  melalui  sambungan  itu  secara otomatis dipindahkan kesambungan lainnya.
Pemerintah Amerika Serikat sendiri baru memberikan izin ke arah komersial pada

awal  tahun  1990.  Internet  pertama  kali  mulai  digunakan  diluar  kalangan  militer  oleh kalangan akademis (UCLA) untuk keperluan penelitian dan pengembangan teknologi. Ringkasan sejarah:
1.   1960:  Para  saintis  mulai  meriset  teknik  untuk  menghubungkan  suatu  sistem  pada

suatu jaringan.

2.   1969:  ARPANET  (DoD  Advanced  Research  Project  Agency)  menghubungkan UCLA,  University  of  California  pada  Santa  Barbara,  University  of  Utah,  dan Stanford Research Institute.
3.   1975: Manajemen Internet ditransfer ke U.S. Defense Communications Agency.

4.   1979:  USENET  mulai  menawarkan  worldwide  broadcast  conerencing  system  of newsgroups.
5.   1981: BITNET (Because It’s Time Network) mulai menawarkan e-mail dan daftar servers    untuk    distribusi    informasi.    CSNET    (Computer    Science    Network) menawarkan  layanan  dial-up  untuk  e-mail.  Para  pengguna  Internet  sekarang  bisa mengakses Internet dengan menggunakan komputer desktop.






     1


internet-intranet




6.   1982:  TCP/IP  (Transmission  Control  Protocol/Internet  Protocol)  menjadi  standar

untuk komunikasi jaringan pada ARPANET.

7.   1984: The Domain Name Server (DNS) system mulai diperkenalkan.

8.   1986: The Cleveland FreeNet memulai operasi.

9.   1987: The National Science Foundation (NSF) menanda tangani kontrak senilai 14 juta  dolar,  lima  tahun  perjanjian  dengan  IBM,  MCI,  dan  Michigan  Educational Research Information Triad untuk mengatur jaringan.
10. 1988: Robert Morris, Jr. merilis a “worm” pada Internet.

11. 1990: CERN (the European Particle Physics  Laboratory in Switzerland)  membuat

World Wide Web.

12. 1993:  President  Clinton  adalah  kepala  negara  pertama  kali  yang  menggunakan

Internet untuk e-mail. Dengan alamat e-mail: president@whitehouse.gov.

13. 1994: Digital video dan audio mulai di transmit melalui Internet.

14. 1995: DoDDS schools di Okinawa memulai koneksi Internet.



Internet   bagaikan   sebuah   kota   elektronik   yang   sangat   besar   di   mana   setiap penduduk  (komputer)  memiliki  alamat  (IP:  Internet  Protocol  Address)  yang  dapat  untuk berkirim  surat  atau  tukar  menukar  informasi.  Komputer  berfungsi  sebagai  kendaraan  dan jaringan  merupakan  jalan  yang  bertumpu  di  atas  media  telekomunikasi.  Jalur  lambatnya menggunakan  line  telepon  (dial-up),  dan  jalur  cepatnya  bisa  menggunakan  Leased  Line atau Dedicated Lines. Karena sifatnya berupa ruang yang mirip dengan dunia kita sehari- hari, maka Internet bisa kita sebut dengan ruang maya.
Keuntungan  dari  penggunaan  internet  Internet  dapat  terjadi  dalam  semua  bidang

(bisnis, akademis, pemerintahan, organisasi dlsb), antara lain:

1.   Informasi yang lebih cepat dan murah dengan aplikasi:

a.   Email b.   WWW
c.   NewsGroup d.   FTP
e.   Gopher, dll.




     2


internet-intranet




2.   Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi, contoh:

a.   Koran masuk Internet b.   Majalah, brosur, dsb
3.   Sebagai media promosi, contoh:

a.   Image Company

b.   Pengenalan, dan pemesanan produk



4.   Komunikasi Interaktif, dapat dilakuakn melalui :

a.   Email

b.   Dukungan Pelanggan dengan WWW

c.   Video Conference d.   Internet Relay Chat
e.   Internet Phone (IP Telephony)

5.   Sebagai alat Research and Development

6.   Pertukaran data Pertumbuhan Internet



Internet mempunyai pertumbuhan yang sangat baik dan sangat pesat saat ini. Dari data statistik yang didapat, adalah sebagai berikut:
1.   3 juta host sudah terkoneksi diakhir tahun 1994

2.   Populasi 30 juta pengguna (1995)

3.   Pertumbuhan 10 % tiap bulan

4.   100  juta  pengguna  pada  tahun  1998,  diperkirakan  tahun  2010  semua  orang  akan terhubung ke Internet
5.   Email mendominasi 75% hubungan bisnis.



Memulai Internet

Untuk memulai Internet minimal kita membutuhkan 1 komputer, modem dan line telepon. dan supaya kita bisa berhubungan ke Internet kita perlu mendaftarkan diri ke ISP
(Internet  Service  Provider)  untuk  bisa  mendapatkan  akses  ke  Internet.  Internet  Service







     3


internet-intranet




Provider adalah penyedia jasa layanan keinternet atau bisa disebut sebagai pintu gerbang ke

Internet. Jenis Koneksi yang diberikan oleh Internet Service Provider:

1.   IP Connection

Kalau   semua   hardware   dan   sofware   yang   kita   punya   ingin   secaralangsung terkoneksi  atau  akses  ke  Internet,  maka  kita  harus  menggunakan  IP  (Internet Protocol) address.
2.   Dial UP Connection

Kalau kita menggunakan modem untuk dial ke ISP supaya mendapatkan koneksi ke

Internet, maka hal itu disebut Dial UP akses.




E-Mail



Electronic   Mail   adalah   salah   satu   fasilitas   atau   aplikasi   yang  paling  banyak


digunakan  di  Internet.  Email  merupakan  alat  komunikasi  yang  paling  murah  dan  cepat. Dengan  Email  kita  dapat  berhubungan  dengan  siapa  saja  yang  terhubung  ke  Internet  di seluruh  dunia  dengan  biaya  pulsa  lokal  (bila  kita  menggunakan  line  telepon  atau  ISDN). Email menggeser penggunaan telepon dan fax dimasa kini.
Konsep  Email  adalah  seperti  kita  mengirim  surat  dengan  pos  biasa,  dimana  kita mengirimkan  ke  kantor  pos  dengan  dibubuhi  alamat  yang  kita  tuju.  Dari  Kantor  Pos tersebut  akan  disampaikan  ke  Kantor  Pos  yang  terdekat  dengan  alamat  yang  dituju  dan akhirnya sam pai ke alamat tersebut. Dan si penerima hanya membuka kotak pos-nya saja yang ada didepan rumah. Disini si Pengirim tidak tahu apakah si orang yang dituju tersebut sudah menerima surat tersebut, sampai surat itu dibalas. Dengan Email data dikirim secara elektronik sehingga sampai di tujuan dengan sangat cepat. Juga kita dapat mengirim file- file  berupa  program,  gambar,  graphik  dan  lain  sebagainya.  Kita  juga  dapat  mengirim  ke lebih dari satu orang sekaligus pada saat bersamaan.


WWW (World Wide Web)

WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi ini kadang disebut “The killer application” atau “the world is in your fingertip” karena sedemikian mudahnya kita dapat mendapatkan




     4


internet-intranet




informasi tidak hanya teks tetapi gambar (images), maupun multimedia. Dalam aplikasi ini

banyak fasilitas yang dapat dilakukan seperti:

1.   memesan atau membeli suatu barang secara online

2.   mendaftar secara online

3.   mengakses multimedia, dsb.

Informasi  yang  diletakkan  di  WWW  disebut  “HomePage”  dan  setiap  homepage mempunyai  alamatnya  masing-masing.  Untuk  dapat  menarik  perhatian  user  sehingga homepage  dapat  sering  dikunjungi  user,  maka  disain  tampilan  harus  semenarik  mungkin dan  banyak  terdapat  informasi  yang  jelas.  Dalam  hal  ini  bidang  seni  sangat  dibutuhkan, sehingga dunia periklanan dan dunia bisnis semakin semarak.
File Transfer Protocol (FTP): adalah salah satu aplikasi di Internet untuk mengambil

(download)  dan  meletakkan  (upload)  suatu  file  di  FTP  server.  Dengan  hal  ini  kita  dapat bertukar file dengan cepat. Pada saat ini banyak program atau software yang bebas untuk
di-download dari manapun di Internet.

Telnet: Dengan Telnet kita dapat mengakses komputer yang letaknya di tempat lain yang  jauh.  Jadi  yang  dilihat  di  monitor  komputer  adalah  isi  dari  komputer  yang  kita hubungkan  tersebut.  Ini  sering  juga  disebut  “Remote  Login”.  Contoh-contoh  yang  dapat dilakukan dengan Telnet:
1.   Mencari katalog perpustakaan, kampus

2.   Mengakses database

3.   Mengakses Buletin Board Organisasi Pemerintahan, dll

Untuk menggunakan Telnet kita harus mempunyai IP Address atau domain-name, dan  juga  kita  harus  mempunyai  hak  untuk  mengakses  yaitu  dengan  login  name  dan password.
Gopher  adalah  aplikasi  yang  dapat  mencari  informasi  yang  ada  di  Internet,  tetapi

hanya  berbasis  teks  saja.  Untuk  mendapatkan   informasi  melalui  Gopher,  kita  harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di Internet.
Chat:  Seperti  artinya  dalam  bahasa  Indonesia  adalah  “ngobrol”  adalah  program aplikasi  Internet  yang  memungkinkan  kita  berbicara  secara  langsung  (on-line)  dengan lawan  bicara  kita  (dengan  mengetikkan  kata  pembicaraan)  yang  berada  di  tempat  lain.




     5


internet-intranet




Program aplikasi untuk  chat ini seperti MIRC,  Yahoo Messenger, MSN  Messenger,  ICQ

dan lain-lain.

Ping: adalah singkatan dari Packet Internet Gopher. Fungsi dari Ping adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya dengan cara mengirimkan sejumlah packet data kecil.


Cara kerja internet

Dapatkah kita bayangkan bagaimana dunia  Internet sebenarnya?  Marilah kita urai satu  per  satu.  Dunia  Internet  juga  memiliki  daratan,  kota,  dan  penduduk  seperti  halnya dunia sungguhan. Pulau-pulau, daratan besar, dan benua di dunia Internet adalah ruangan- ruangan NOC dan data center dari penyedia jasa backbone Internet di seluruh dunia atau sering disebut dengan istilah Network Access Point (NAP) Provider. ISP-ISP yang berada
di   bawah   penyedia   jasa   backbone   Internet   ini   adalah   kota-kota   besar   dan   kota metropolitannya.ISP sebagai kota metropolitan isinya juga terdiri dari kota-kota kecil dan area-area lainnya. Kota-kota kecil dan area lain, yaitu server-server dan perangkat jaringan yang  jumlahnya  sangat  banyak  yang  bertugas  sebagai  pelayan  para  pengguna.  Point  Of Presence (POP) milik ISP yang tersebar di area sekitar ISP juga merupakan kota-kota kecil
di dalam ISP. Di dalam kota-kota kecil tersebut, terdapatlah penduduk yang beraktivitas di

dalamnya.  Penduduk  dari  dunia  Internet  ini  adalah  Anda  para  pengguna  Internet,  yang seluruhnya adalah juga penduduk dunia nyata.
Di  dalam  dunia  Internet  komunikasi  antarpenduduk  juga  merupakan  kebutuhan

vital.  Bukan  hanya  vital,  justru  keperluan  berkomunikasilah  sumber  dan  cikal  bakal  dari terciptanya  dunia  Internet.  Untuk  dapat  melayani  penduduknya  berkomunikasi,  dibuatlah jalan-jalan penghubungnya. Jalan penghubung dunia Internet adalah media komunikasi data yang jenisnya sangat banyak.
Sebuah  jalan  kecil  dan  setapak  mungkin  dapat  dibentuk  oleh  sebuah  line  telepon yang biasa ada di rumah-rumah Anda. Jalan yang agak besar mungkin dapat dibentuk oleh koneksi leased line, ADSL, Cable, ISDN, dan banyak lagi. Jalan raya yang besar mungkin bisa  Anda  bangun  dengan  koneksi  E1  2  Mbps,  Fiber  Optic,  koneksi  Fast  ethernet,  dan






     6


internet-intranet




banyak lagi. Jalan udara yang tidak berkelok-kelok dapat digunakan media wireless. Semua

koneksi tersebut adalah pembuka jalur komunikasi ke dunia Internet.

Namun, sampai di sini cara kerja dunia Internet mulai berbeda dengan dunia nyata. Jalan-jalan  yang  di  bentuk  di  dunia  Internet  harus  terkoneksi  ke  kota-kota  kecil,  yaitu server-server remote access dan perangkat jaringan. Perangkat tersebut adanya di ISP, ibu kota dari penduduk tersebut. Dengan demikian, semua komunikasi  yang terjadi antarpara penduduk  di  Internet  harus  melewati  ibu  kotanya  dulu.  Baik  penduduk  yang  ada  di  satu kota maupun dengan penduduk yang ada di belahan Bumi lainnya.
Jika   masih   dalam   satu   kota,   ISP   tidak   perlu   melempar   sesi   komunikasi penduduknya  keluar  benua,  karena  jika  masih  satu  daerah  biasanya  ada  jalan  singkat menuju  ke  situs  lokal.  Jalan  singkat  inilah  yang  sering  kita  kenal  dengan  istilah  Internet Exchange.
Internet  Exchange  merupakan  kumpulan  dari  seluruh  ISP  yang  ada  di  sebuah daerah.. Tujuannya adalah agar jalur komunikasi dalam sebuah geografis yang sama tidak perlu dilarikan ke luar benua Internet. Di Indonesia, Internet Exchange-nya adalah bernama Indonesia Internet Exchange (IIX).
Jalan  singkat  lain  juga  dapat  terbentuk  kalau  sebuah  ISP  memiliki  jalur  pribadi khusus yang menghubungkannya dengan ISP lain. Jalur pribadi ini sering disebut dengan istilah  Private  peering.  Jalur  ini  bagaikan  jalan  tol  lintas  provinsi  yang  dapat  langsung menghubungkan penduduk di dalamnya tanpa harus berkelok-kelok lagi.
Bagaimana jika situs yang ingin dituju ternyata berada di benua Internet lain? Mau

tidak mau ISP harus melempar sesi komunikasi tersebut ke benua Internet yang terdekat ke situs tersebut. Atau paling tidak ke NAP-NAP provider  yang berada di atas ISP tersebut. Kemudian NAP provider-lah  yang membangun jalur komunikasi antarbenua  Internet lain dan mencarikan jalan terbaik menuju ke situs tujuan.
Untuk  menuju  ke  sebuah  situs  tujuan  tentu  juga  akan  melewati  benua-benua  dan juga kota-kota lain di belahan dunia Internet lain. Begitu seterusnya sehingga dunia Internet terbentuk  sedemikian  besarnya  saat  ini.  Jadi  inti  sebenarnya  Internet  adalah  merupakan kumpulan dari jaringan-jaringan kecil yang dijadikan satu.






     7


internet-intranet




Untuk  melayani  penggunanya  untuk  berkomunikasi  dengan  situs  atau  pengguna

yang berada di benua lain, ISP harus memiliki sebuah komponen penting, yaitu informasi rute menuju ke lokasi yang diinginkan penggunanya. ISP tempat Anda terkoneksi mutlak harus  mengetahui  jalur-jalur  mana  saja  yang  dapat  digunakan  untuk  menyambungkan komunikasi para penggunanya. Jalan-jalan  yang banyak terbentang di dunia Internet mau tidak  mau  harus  dikumpulkan  oleh  ISP  untuk  kemudian  disimpan  atau  disebarkan  lagi kepenggunanya.
Proses pengumpulan dan maintenance informasi rute inilah yang terpenting dalam

proses terjadinya Internet. Terjadinya proses ini merupakan tugas utama dari sebuah routing protocol.  Untuk  menangani  tugas  ini,  dunia  Internet  mempercayakan  satu  nama  routing protocol, yaitu BGP.
Border  Gateway  Protocol  atau  yang  sering  disingkat  BGP  merupakan  salah  satu

jenis routing protocol yang ada di dunia komunikasi data. Sebagai sebuah routing protocol, BGP memiliki kemampuan melakukan pengumpulan rute, pertukaran rute dan menentukan rute terbaik menuju ke sebuah lokasi dalam jaringan. Routing protocol juga pasti dilengkapi dengan algoritma yang pintar dalam mencari jalan terbaik. Namun yang membedakan BGP dengan routing protocol lain seperti misalnya OSPF dan IS-IS ialah, BGP termasuk dalam kategori routing protocol jenis Exterior Gateway Protocol (EGP).
Sesuai dengan namanya,  Exterior Gateway Protocol (EGP), routing protocol jenis

ini memiliki kemampuan melakukan pertukaran rute dari dan ke luar jaringan lokal sebuah organisasi  atau  kelompok  tertentu.  Organisasi  atau  kelompok  tertentu  diluar  organisasi pribadi sering disebut dengan istilah autonomous system (AS). Maksudnya rute-rute yang dimiliki oleh  sebuah  AS  dapat  juga  dimiliki  oleh  AS  lain  yang berbeda  kepentingan  dan otoritas. Begitu juga dengan AS tersebut dapat memiliki rute-rute yang dipunya organisasi lain.
Keuntungan  organisasi  lain  memiliki  rute  milik  organisasi  kita  atau  sebaliknya adalah  organisasi  kitabisa  dikenal  oleh  organisasi-organisasi  lain  yang  kita  kirimi  rute. Setelah  dikenali  rute-rute  menuju  lokasi  kita,  banyak  orang  yang  dapat  berkomunikasi dengan kita. Selain itu, kita juga menerima rute-rute menuju ke organisasi lain, sehingga






     8


internet-intranet




kita   juga   dapat   membangun   komunikasi   dengan   para   pengguna   yang   tergabung   di

organisasi lain. Dengan demikian, komunikasi dapat semakin luas menyebar.

BGP  dikenal  sebagai  routing  protocol  yang  sangat  kompleks  dan  rumit  karena kemampuannya  yang  luar  biasa  ini,  yaitu  melayani  pertukaran  rute  antarorganisasi  yang besar.  Routing  protocol  ini  memiliki  tingkat  skalabilitas  yang  tinggi  karena  beberapa organisasi  besar  dapat  dilayaninya  dalam  melakukan  pertukaran  routing,  sehingga  luas sekali jangkauan BGP dalam melayani para pengguna jaringan.
Yang akan  terjadi  jika  banyak  organisasi  di  dunia  ini  yang  saling berkumpul  dan

bertukar informasi routing  yaitu adalah  INTERNET. Maka dari itu, tidak salah jika BGP

mendapat julukan sebagai inti dari eksisnya dunia Internet.

Analogi  Autonomous  System  atau  sering  disingkat  AS  adalah  bagaikan  sebuah perusahaan   tempat   kita   bekerja.   Sebuah   perusahaan   memiliki   peraturannya   sendiri, memiliki struktur organisasi sendiri, memiliki produknya sendiri, memiliki gayanya sendiri dalam  berbisnis  dan  memiliki  privasinya  sendiri.  Semua  itu,  tidak  perlu  diketahui  oleh orang lain di luar perusahaan kita.
Jaringan internal sebuah organisasi bisa terdiri dari berpuluh-puluh bahkan ratusan

perangkat   jaringan   dan   server.   Semuanya   bertugas   melayani   kepentingan   organisasi tersebut,  sehingga  otoritas  dan  kontrolnya  hanya  boleh  diatur  oleh  organisasi  tersebut. Cisco System, sebuah perusahaan pembuat perangkat jaringan mendefinisikan Autonomous System  sebagai  “Sekumpulan  perangkat  jaringan  yang  berada  di  bawah  administrasi  dan strategi routing yang sama”.
Autonomous   System   biasanya   ditentukan   dengan   sistem   penomoran.   Sistem penomoran AS di dunia Internet diatur oleh organisasi Internet bernama IANA.
Jika  AS  diumpamakan  sebagai  sebuah  perusahaan,  routing  protocol  BGP  dapat diumpamakan  sebagai  divisi  marketing  dan  promosi  dalam  sebuah  perusahaan.  Divisi marketing memiliki tugas menginformasikan dan memasarkan produk perusahaan tersebut. Divisi   marketing   memiliki   tugas   menyebarkan   informasi   seputar   produk   yang   akan dijualnya. Dengan berbagai siasat dan algoritma di dalamnya, informasi tersebut disebarkan
ke seluruh pihak yang menjadi target pasarnya. Tujuannya adalah agar mereka mengetahui

apa produk tersebut dan di mana mereka bisa mendapatkannya.




     9


internet-intranet




Selain  itu,  divisi  marketing  juga  memiliki  tugas  melakukan  survai  pasar  yang

menjadi   target   penjualan   produknya.   Para   pembeli   dan   pengecer   produk   juga   akan memberikan  informasi  seputar  keinginan  dan  kebutuhan  mereka  terhadap  produk  yang dijual  perusahaan  tersebut.  Divisi  marketing  juga  perlu  mengetahui  bagaimana  kondisi, prosepek, rute perjalanan, karakteristik tertentu dari suatu daerah target penjualannya.. Jika semua  informasi  tersebut  sudah  diketahui,  maka  akan  diolah  menjadi  sebuah  strategi marketing yang hebat.
BGP memiliki tugas yang kurang lebih sama dengan divisi marketing dan promosi

pada sebuah perusahaan. Tugas utama dari BGP adalah memberikan informasi tentang apa yang   dimiliki   oleh   sebuah   organisasi   ke   dunia   di   luar.   Tujuannya   adalah   untuk memperkenalkan  pada  dunia  luar  alamat-alamat  IP  apa  saja  yang  ada  dalam  jaringan tersebut. Setelah dikenal dari luar, server-server, perangkat jaringan, PC-PC dan perangkat komputer lainnya  yang ada dalam jaringan tersebut juga dapat dijangkau  dari dunia luar. Selain  itu,  informasi  dari  luar  juga  dikumpulkannya  untuk  keperluan  organisasi  tersebut berkomunikasi dengan dunia luar.
Dengan mengenal alamat-alamat IP yang ada di jaringan lain, maka para pengguna

dalam jaringan kita juga dapat menjangkau jaringan mereka. Sehingga terbukalah halaman web Yahoo, search engine Google, toko buku Amazon, dan banyak lagi.
BGP   merupakan   satu-satunya   routing   protocol   yang   dapat   digunakan   untuk menghubungkan   dua   organisasi   besar   yang   berbeda   kepentingan.   Meskipun   routing protocol jenis EGP bukan hanya BGP saja, namun tampaknya BGP sudah menjadi standar internasional untuk keperluan ini. Hal ini dikarenakan BGP memiliki fitur-fitur yang luar biasa banyak dan fleksibel.
Mulai  dari  pengaturan  frekuensi  routing  update,  sistem  pembangunan  hubungan dengan AS tetangga, sistem hello, policy-policy penyebaran informasi routing, dan banyak lagi fitur lain yang dapat kita modifikasi dan utak-atik sendiri sesuai dengan selera. Maka dari  itu  BGP  merupakan  routing  protocol  yang  dapat  dikontrol  sebebasbebasnya  oleh pengguna.  Dengan  demikian,  banyak  sekali  kebutuhan  yang  dapat  terpenuhi  dengan menggunakan BGP.






     10


internet-intranet




BGP juga sangat tepat jika sebuah perusahaan memiliki jalur menuju internet yang

berjumlah  lebih  dari  satu.  Kondisi  jaringan  dimana  memiliki  jalur  keluar  lebih  dari  satu buah ini sering disebut dengan istilah multihoming. Jaringan multihoming pada umumnya adalah  jaringan  berskala  sedang  sampai  besar  seperti  misalnya  ISP,  bank,  perusahaan minyak multinasional, dan banyak lagi. Biasanya jaringan ini memiliki blok IP dan nomor AS sendiri.
Peranan  BGP  dalam  jaringan  multihoming  ini  sangat  besar.  Pertama,  BGP  akan berperan  sebagai  routing  protocol  yang  melakukan  pertukaran  routing  dengan  ISP  atau NAP  yang  berada  di  atas  jaringan  ini.  Kedua,  BGP  dengan  dipadukan  oleh  pengaturan policy-policynya  yang sangat fleksibel dapat membuat sistem load balancing traffic  yang keluar masuk. Bagaimana membuat sistem load balancing dengan menggunakan BGP akan dibahas pada artikel edisi berikutnya.
Selain itu, BGP juga merupakan routing protocol yang sangat reliable kerjanya. Hal

ini    dikarenakan    BGP    menggunakan    protokol    TCP    untuk    berkomunikasi    dengan tetangganya   dalam   melakukan   pertukaran   informasi.   TCP   merupakan   protokol   yang menganut   sistem   reliable   service,   di   mana   setiap   sesi   komunikasi   yang   dibangun berdasarkan protokol ini harus dipastikan sampai tidaknya.
Pemastian  ini  dilakukan  menggunakan  sistem  Acknowledge  terhadap  setiap  sesi

komunikasi yang terjadi. Dengan demikian, hampir tidak ada informasi routing dari BGP yang tidak sampai ke  perangkat tujuannya.  Routing protocol BGP  yang sekarang banyak digunakan adalah BGP versi 4 atau lebih sering disingkat sebagai BGP-4.
Kecanggihan  dan  kerumitan  BGP  sebenarnya  dapat  diperjelas  intinya  dengan beberapa  karakteristik  kunci.  Berikut  ini  adalah  karakteristik  routing  protokol  BGP  yang menandakan ciri khasnya:
1.   BGP adalah Path Vector routing protocol yang dalam proses menentukan rute-rute

terbaiknya selalu mengacu kepada path  yang terbaik dan terpilih  yang didapatnya dari router BGP yang lainnya.
2.   Routing   table   akan   dikirim   secara   penuh   pada   awal   dari   sesi   BGP,   update selanjutnya  hanya  bersifat  incremental  atau  menambahi  dan  mengurangi  routing yang sudah ada saja.




     11


internet-intranet




3.   Router BGP membangun dan menjaga koneksi antar-peer menggunakan port TCP

nomor 179.

4.   Koneksi antar-peer dijaga dengan menggunakan sinyal keepalive secara periodik.

5.   Kegagalan   menemukan   sinyal   keepalive,   routing   update,   atau   sinyal-sinyal notifikasi  lainnya  pada  sebuah  router  BGP  dapat  memicu  perubahan  status  BGP peer dengan router lain, sehingga mungkin saja akan memicu update-update baru ke router yang lain.
6.   Metrik  yang digunakan  BGP  untuk menentukan rute terbaik sangat kompleks dan

dapat  dimodifikasi  dengan  sangat  fleksibel.  Ini  merupakan  sumber  kekuatan  BGP

yang sebenarnya. Metrik-metrik tersebut sering disebut dengan istilah Attribute.

7.   Penggunaan  sistem  pengalamatan  hirarki  dan  kemampuannya  untuk  melakukan manipulasi  aliran  traffic  membuat  routing  protokol  BGP  sangat  skalabel  untuk perkembangan jaringan dimasa mendatang.
8.   BGP memiliki routing table sendiri yang biasanya memuat informasi prefix-prefix

routing yang diterimanya dari router BGP lain. Prefixprefix ini juga disertai dengan informasi atributnya yang dicantumkan secara spesifik di dalamnya.
9.   BGP    memungkinkan    Anda    memanipulasi    traffic    menggunakan    attribute- attributenya  yang  cukup  banyak.  Attribute  ini  memiliki  tingkat  prioritas  untuk dijadikan sebagai acuan.
Seperti yang telah dijelaskan di atas, BGP merupakan routing protocol yang kompleks dan sulit untuk di-maintain. Dengan demikian, penggunaannya diperlukan keahlian khusus dan juga perangkat router berkemampuan proses yang tinggi. Untuk itu, perencanaan yang baik   sangat   diperlukan   untuk   menggunakan   BGP.   Ada   kalanya   kita   tidak   perlu menggunakan  routing  protocol  ini  dalam  berhubungan  dengan  AS  lain.  Jangan  gunakan BGP untuk jaringan dengan situasi seperti berikut ini:
•    Hanya ada satu buah koneksi yang menuju ke Internet atau ke AS lain. Jaringan ini sering disebut dengan istilah singlehoming.
•    Policy routing untuk ke Internet dan pemilihan jalur terbaik tidak terlalu diperlukan dalam sebuah AS.






     12


internet-intranet




•    Perangkat  router  yang  akan  digunakan  untuk  menjalankan  BGP  tidak  memiliki

cukup  memory  dan  tenaga  processing  untuk  menangani  update  informasi  dalam jumlah besar dan konstan.
•    Keterbatasan  pengetahuan  dan  kemampuan  para  administrator  jaringannya  dalam

hal policy routing dan karakteristik BGP lainnya.

•    Bandwidth yang kecil yang menghubungkan AS yang satu dengan lainnya.



Inti Internet yang Rumit

Terjadinya sebuah dunia bernama Internet memang sangat rumit. Bagaimana tidak pasalnya   semua   manusia   yang   ada   di   dunia   ini   ingin   dapat   dilayani   permintaan komunikasinya,  tentu  sangat  rumit,  bukan?  Kerumitannya  ini  terlihat  juga  pada  routing protocol yang bertugas mengatur dan menciptakan komunikasi tersebut, yaitu BGP.
BGP   memang   sangat   rumit,   namun   juga   sangat   bertenaga   dalam   melayani kebutuhan penduduk dunia akan internet. Karena kerumitan dan keunikannya inilah BGP begitu menarik untuk dipelajari. Namun untuk mempelajari lebih dalam lagi mungkin perlu training khusus dan pengalaman bertahun-tahun.


Pemanfaatan Internet

Matthew DeBell dari The Education Statistics Services Institute (ESSI) mengatakan bahwa penggunaan komputer dan Internet dapat meningkatkan kualitas hidup orang setiap hari  dan  meningkatkan  prospek  pasar  kerja  mereka.  Karena  teknologi  ini  mempunyai potensi meningkatkan akses kepada informasi, membantu menyelesaikan tugas lebih baik dan lebih cepat, dan sebagai media komunikasi. Tingkat penggunaan komputer dan Internet dapat dianggap sebagai indikator standar hidup. Disamping itu, penggunaan komputer juga akan  membantu  para  pelajar  memperoleh  pengalaman  dengan  teknologi  ini,  dengan demikian tingkat penggunaan bisa mengindikasikan sejauh mana generasi pelajar sekarang siap  untuk  memasuki  lapangan  kerja  dimana  kemampuan  untuk  menggunakan  komputer sangat dibutuhkan. Diantara berbagai tujuan orang memanfaatkan Internet antara lain:
1.   Berbagi  data  penelitian  dan  pekerjaan  diantara  rekan  sejawat  dan  individu-

individu dalam profesi yang sama.




     13


internet-intranet




2.   Berkomunikasi dengan orang lain dan mengirim file melalui e-mail

3.   Meminta   dan   memberikan   bantuan   dengan   mengajukan   permasalahan   dan pertanyaan
4.   Memasarkan dan mempublikasikan produk dan jasa

5.   Mengumpulkan  umpan  balik  dan  saran-saran  dari  para  pelanggan  dan  rekan bisnis.
Dan  sesungguhnya  potensi  pemanfaatan  Internet  semata-mata  tergantung  pada pandangan dan kreatifitas pengguna. Dan selama Internet terus berkembang, pemanfaatan baru  dan  inovasi  pemanfaatan  pasti  akan  terus  berlanjut.  Menurut  Buxbaum  memahami informasi berkaitan dengan keahlian teknologi informasi, tetapi memberikan pengaruh yang lebih   luas   kepada   individu,   sistem   pendidikan,   dan   masyarakat.   Keahlian   teknologi informasi  membuat  seseorang  dapat  menggunakan  komputer,  aplikasi  perangkat  lunak, database, dan teknologi lain untuk mencapai berbagai tujuan akademis, pribadi, dan tujuan yang   berkaitan   dengan   pekerjaan.   Individu   yang   memiliki   kemampuan   memahami informasi perlu mengembangkan beberapa keahlian teknologi.
Penyediaan  jaringan  internet  di  perguruan  tinggi  adalah  sebuah  keharusan  yang

tidak  bisa  ditawar-tawar  lagi  sekarang  ini.  Oleh  karenanya  banyak  lembaga-lembaga pendidikan  tinggi  yang  beralih  kepada  pemanfaatan  teknologi  informasi  ini  sebagaimana yang dikatakan oleh Baer:
“Institutions   of   higher   education   are   turning   to   new   communications   and information   technologies   that   promise   to   increase   access,   improve   the   quality   of instruction, and (perhaps) control costs.”
Sementara   itu,   DR.   Shirley   Raines,   Presiden   The   University   of   Memphis

menyarankan   untuk   menggunakan   wireless   untuk   implementasi   teknologi   informasi tersebut,
"Students in the 21st  century expect a 21st  century education. And we truly believe

investing in innovative uses of IT, such as wireless, is absolutely critical for the university" Motschnig-Pitrik  (2001)  mengatakan  bahwa  pemanfaatan  internet  sebagai  media pembelajaran  dikenal  dengan  sebutan  SCIAT  (Student  -  Centered  –  Internet  –  Assisted Teaching).  Menggunakan  internet  sebagai  media  pembelajaran  berarti  mengaplikasikan




     14


internet-intranet




pendekatan yang berpusat pada peserta didik. Hal ini karena, secara optimal, para pendidik

atau  instruktur  memberikan  kemampuan  menemukan  bahan  pelajaran  secara  bebas  yang dianggap relevan untuk dipelajari, setelah berkonsultasi dengan fasilitator dan mendapatkan persetujuannya.  Dalam  SCIAT para  peserta didik – dalam hal ini mahasiswa – didukung oleh instruktur, pada dasarnya menggunakan internet dengan dua cara.
Cara   yang   pertama   adalah   dengan   memanfaatkan   internet   sebagai   sumber

pengetahuan  pada  saat  mahasiswa  mencari  pengetahuan  yang  relevan.  Oleh  karena  itu mereka  perlu  secara  aktif  bertanya  pada  diri  sendiri  materi  apa  yang  berguna  untuk memenuhi  tugas-tugas  mereka  dan  bagaimana  memperolehnya,  dokumen  yang  mana, jurnal,  perpustakaan,  buku,  lembaga,  yang  mungkin  memberikan  informasi  yang  mereka butuhkan.  Ketika  sudah  ditemukan,  para  mahasiswa  perlu  mengevaluasi  sumber-sumber yang  berkaitan  dengan  relevansinya  dengan  solusi  yang  mereka  perlukan.  Tidak  perlu dikatakan,  semua  catatan  perkuliahan  dan  daftar  bacaan  diberikan  oleh  instruktur  dalam format yang bisa didownload.
Cara kedua pemanfaatan internet dalam SCIAT adalah sebagai tempat penyimpanan dokumen  mahasiswa  sekaligus  menjadi  media  komunikasi  untuk  diskusi  dengan  teman- temannya   dan   dengan   fasilitator.   Dengan   menggunakan   situs   web   sebagai   tempat penyimpanan pemecahan masalah  yang bersifat  parsial sangat membantu terutama dalam situasi dimana mahasiswa yang tergabung dalam tim kecil bisa bekerjasama dalam proyek yang sama. Hal ini karena setiap anggota tim bisa mengkonsultasikan dan mendiskusikan dokumen  dengan  rekan  timnya  dan  juga  dengan  fasilitatornya.  Dokumen  yang  sama selanjutnya  dapat  segera  dipergunakan  untuk  presentasi  pada  perkuliahan  tersebut  yang diorganisir seperti laboratorium.
Untuk  bisa  memanfaatkan  internet  sebagai  sumber  informasi  secara  maksimal  di Perguruan  Tinggi,  setiap  individu  harus  menguasai  keterampilan  yang  diperlukan  untuk menelusur.  Tetapi,  sebagaimana  dikatakan  Brophy bahwa  para  pengguna  seringkali  tidak menghiraukan  keterampilan  yang  diperlukan  untuk  menelusur  sumber-sumber  informasi ini, dengan menyatakan bahwa mereka sudah bisa menggunakan dengan mudah.








     15


internet-intranet




Selain itu, penggunaan internet telah merasuk pada hampir semua aspek kehidupan,

baik  sosial,  ekonomi,  pendidikan,  hiburan,  bahkan  keagamaan.  Pendeknya  apa  saja  yang dapat terpikirkan!
Kita  dapat  mengetahui  berita-berita  teraktual  hanya  dengan  mengklik  situs-situs

berita di web. Demikian pula dengan kurs mata uang atau perkembangan di lantai bursa, internet dapat menyajikannya lebih cepat dari media manapun.
Para  akademisi  merupakan  salah  satu  pihak  yang  paling  diuntungkan  dengan kemunculan internet. Aneka referensi, jurnal, maupun hasil penelitian yang dipublikasikan melalui  internet  tersedia  dalam  jumlah  yang  berlimpah.  Para  mahasiswa  tidak  lagi  perlu mengaduk-aduk  buku  di  perpustakaan  sebagai   bahan  untuk  mengerjakan  tugas-tugas kuliah.  Cukup  dengan  memanfaatkan  search  engine,  materi-materi  yang  relevan  dapat segera ditemukan.
Selain menghemat tenaga dalam mencarinya, materi-materi  yang dapat ditemui di internet cenderung lebih up-to-date. Buku-buku teks konvensional memiliki rentang waktu antara  proses  penulisan,  penerbitan,  sampai  ke  tahap  pemasaran.  Kalau  ada  perbaikan maupun tambahan, itu akan dimuat dalam edisi cetak ulangnya, dan itu jelas membutuhkan waktu. Kendala semacam ini nyaris tidak ditemui dalam publikasi materi ilmiah di internet mengingat  meng-upload  sebuah  halaman  web  tidaklah  sesulit  menerbitkan  sebuah  buku. Akibatnya,   materi   ilmiah   yang   diterbitkan   melalui   internet   cenderung   lebih   aktual dibandingkan yang diterbitkan dalam bentuk buku konvensional.
Kelebihan  sarana  internet  yang  tidak  mengenal  batas  geografis  juga  menjadikan

internet  sebagai  sarana  yang  ideal  untuk  melakukan  kegiatan  belajar  jarak  jauh,  baik melalui  kursus  tertulis  maupun  perkuliahan.  Tentu  saja  ini  menambah  panjang  daftar keuntungan bagi mereka yang memang ingin maju dengan memanfaatkan sarana internet.
Internet juga berperan penting dalam dunia ekonomi dan bisnis. Dengan hadirnya e-

commerce,  kegiatan  bisnis  dapat  dilakukan  secara  lintas  negara  tanpa  pelakunya  perlu beranjak dari ruangan tempat mereka berada.
Internet   juga   merambah   bidang   keagamaan,    bidang    yang   biasanya   jarang mengadaptasi perkembangan teknologi. Disini internet dimanfaatkan untuk sarana dakwah maupun  diskusi-diskusi  keagamaan.  Di  Indonesia,  jaringan-jaringan  seperti  Isnet  (Islam)




     16


internet-intranet




maupun  ParokiNet  (Katolik)  telah  lama  beroperasi  dan  memberikan  manfaat  yang  besar

bagi umat. Kegiatan sosial seperti pengumpulan zakat dan Infaq dapat dilaksanakan secara cepat melalui sarana internet.
Bagi mereka yang gemar bersosialisasi atau mencari sahabat, internet menawarkan

berjuta  kesempatan.  Baik  melalui  email  maupun  chatroom,  para  pengguna  internet  dapat menjalin komunikasi dengan rekan-rekannya di segala penjuru dunia dalam waktu singkat dan   biaya   yang   relatif   murah.   Apabila   dalam   surat   menyurat   konvensional   yang menggunakan jasa pos,  sebuah surat bisa menghabiskan waktu berminggu-minggu dalam perjalanan  lintas  benua,  maka  sebuah  email  hanya  membutuhkan  hitungan  detik  untuk dapat menjangkau segala sudut dunia.
Biaya komunikasi lintas benua dapat lebih ditekan lagi. Dengan hadirnya teknologi VoIP (Voice over Internet Protocol), pengguna telepon tidak lagi perlu mengeluarkan biaya sambungan  telepon  internasional  yang  sangat  mahal  untuk  menghubungi  kolega  atau keluarga di luar negeri. Teknologi ini memungkinkan kita melakukan percakapan telepon internasional dengan ongkos yang hanya sedikit lebih mahal dari biaya pulsa telepon lokal. Bagi  yang  berniat  mencari  hiburan,  internet  menawarkan  pilihan  yang  berlimpah.
Dengan  memanfaatkan  game  server,  seseorang  dapat  bermain  game  bersama  lawan  dari negara lain melalui jaringan internet. Pecinta musik juga semakin dimanja dengan hadirnya klip-klip   MP3   dari   lagu-lagu   favorit.   Bagi   yang   haus   akan   informasi   dari   dunia entertainment, internet  adalah surga  dengan  berlimpahnya  situs-situs web  para  artis, baik nasional maupun internasional.
Sebagaimana  hal-hal  lain  di  dunia,  internet  selain  menawarkan  manfaat,  juga menyimpan   mudharat.   Berlimpahnya   informasi   yang   tersedia   dari   bermacam-macam sumber  membuat  para  netters  harus  jeli  dalam  memilah-milah.  Maklum,  karena  sifatnya yang  bebas,  maka  tidak  sulit  bagi  pihak-pihak  yang  tidak  bertanggung  jawab  untuk memajang informasi yang menyesatkan, atau bahkan yang menjurus ke arah fitnah. Tidak semua informasi yang didapat melalui sarana internet terjamin akurasinya. Dalam hal ini, para  pengguna  internet  sangat  dituntut  kejeliannya  agar  tidak  terlampau  mudah  percaya terhadap    informasi-informasi    yang    tidak    jelas,    baik    sumber    maupun    kredibilitas penyedianya.




     17


internet-intranet




Pembajakan  karya  intelektual  juga  merupakan  salah  satu  ekses  negatif  dalam

penggunaan  internet.  Tahukan  anda  bahwa  format  musik  MP3  yang  populer  itu  hampir semuanya  ilegal?  Dan  materi  ilegal  semacam  ini  dapat  dengan  mudah  menyebar  berkat
"jasa" internet.

Disamping   contoh-contoh   diatas,   masih   tak   terhitung   lagi   sisi   gelap   dari penggunaan  internet.  Tidak  heran,  beberapa  negara  yang  terhitung  "konservatif",  seperti Arab Saudi dan China, membatasi secara ketat akses internet bagi warganya.
Kemudahan  dan  kenyamanan  dalam  berkomunikasi  via  internet  juga  ditengarai

membuat    banyak    netters    kehilangan    kesempatan,    bahkan    kemampuan,    untuk berkomunikasi secara personal. Mereka tenggelam dalam keasyikan ber-chatting atau ber- email dengan teman di dunia maya hingga melupakan sosialisasi di dunia nyata.
Terlepas dari segala ekses negatif tersebut, internet tetaplah hanya sekedar sarana.

Ia hanyalah alat, bukan tujuan. Di tangan para penggunanyalah internet dapat memberikan manfaat atau malahan justeru mudharat.


Melakukan bisnis melalui internet

Berita atau informasi manfaat IT (Information Technology) dan Internet terutama di bidang  bisnis  nampaknya  sudah  sedemikian  banyak.  Beberapa  potret  perusahaan  telah menjadi pengukuh perkembangan e-business di Indonesia. Terlepas dari baru sedikit yang sukses, itu sudah menjadi babak awal yang cukup menggembirakan. Harus diakui bersama, bahwa  perusahaan-perusahaan  multinasional  masih  menjadi  gerbong  perkembangan  e- business di Indonesia. Ekspansi bisnis mereka jelas menjadi tantangan yang harus dijawab para pebisnis nasional. Dalam Internet Bubble [1] sekarang, bisnis di Internet mendobrak batasan ruang dan waktu. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama untuk  mengakses  pasar  Amerika  dibandingkan  dengan  perusahaan  di  Eropa,  atau  bahkan dengan  perusahaan  di  Amerika.  Sebaliknya  perusahaan  luar  negeri  dapat  dengan  mudah mengakses pasar Indonesia. Jika hal ini tidak mendapat perhatian, maka pasar dalam negeri kita akan dijarah oleh perusahaan asing.
Terhapusnya  batasan  ruang  dan  waktu  dengan  adanya  Internet  membuka  peluang

baru untuk melakukan pekerjaan dari jarak jauh. Ini memunculkan istilah remote working




     18


internet-intranet




atau teleworking. Seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya dari rumah tanpa perlu

memikirkan  masalah  lalulintas.  Hal  di  atas  menunjukkan  adanya  peluang-peluang  baru dalam bisnis dengan adanya IT dan Internet.
Bisnis  terkait  dengan  IT  dapat  dibedakan  menjadi  dua:  pertama  adalah  bisnis  IT

yaitu  IT  dijadikan  sebagai  sebuah  produk,  dan  kedua  bisnis  menggunakan  IT  artinya  IT

digunakan sebagai alat (tools). IT disini meliputi hardware dan software, juga on-line dan

off-line. Jadi sebuah perusahaan dapat menghasilkan produk IT atau dapat menggunakan IT untuk menghasilkan produk atau layanannya.. Untuk yang terakhir ini, IT dijadikan sebagai tools, bukan sebagai "end product" seperti yang akan dibahas di makalah ini.


Peluang bisnis melalui internet

Pengguna Internet di Indonesia berdasarkan data terakhir yang dikumpulkan APJII

(Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) hingga akhir semester I 2004, jumlahnya diperkirakan telah mencapai 10 juta pengakses. Cara akses mencakup baik yang terhubung dari  akses  perumahan,  perkantoran,  sekolah,  hingga  publik  warnet.  Jumlah  pengguna Internet  di  Indonesia  pada  tahun  ini  mengalami  pertumbuhan  yang  cukup  signifikan. Dengan kondisi tersebut, diperkirakan hingga akhir tahun ini jumlah pengakses Internet di Indonesia dapat mencapai 12 juta pengguna [2, 3].
Jika  dilihat  dari  aksesnya,  sebagian  besar  sambungan  Internet  di  Indonesia  masih

berupa  akses  dial-up,  yaitu  sekitar  90%.  Baru  sekitar  10%  dari  sambungan  Internet  di Indonesia yang telah menggunakan akses komunikasi data berkecepatan tinggi (broadband access).  Target  pertumbuhan  pengakses  termasuk  target  penetrasi  Internet  di  Indonesia untuk  tahun  ini  diperkirakan  akan  terlampaui.  Ini  didukung oleh  pertumbuhan  pengakses Internet yang melonjak tajam dari sekolah dan pemda [2, 3].
Dari  data  di  atas  terlihat,  bahwa  peluang  bisnis  melalui  internet  terbuka  lebar.

Pertumbuhan  pengkases  juga  terus  melonjak  setiap  tahun.  Dilihat  dari  jumlah  pengakses internet tersebut, ini berarti bahwa bisnis melalui internet sangat menjanjikan. Dengan kata lain, calon pembeli di market/pasar internet adalah 12 juta orang sampai akhir tahun 2004.
Diasumsikan   bahwa   di   pasar   internet   ada   satu   Internet   Shop   Sejahtera.   Dan

diasumsikan bahwa  prosentasi pengakses (access  rate)  adalah 0.01%,  dan  sharing market




     19


internet-intranet




dengan  pebisnis  lain  di  internet  adalah  5%.  Maka  dari  12  juta  pengguna  internet  di

Indonesia  ada  60  pengguna  yang  akan  mengunjungi  Internet  Shop  Sejahtera.  Apabila  1 pengguna    mewakili    1    order,    dan    produk    yang    dijual    adalah    produk    untuk konsumsi/kebutuhan harian, maka dalam hitungan satu tahun akan ada total 60X365=21900 order dengan prospek keuntungan sebesar 219 Juta Rupiah apabila tiap satu order memberi keuntungan 10000 Rupiah.
Asumsi   perhitungan   di   atas   akan   berubah   sesuai   dengan   perubahan   jumlah pengakses internet, asumsi rate akses, dan asumsi sharing market. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peluang bisnis di internet itu ada, hanya tantangannya ada pada produk yang dijual, artinya apakah produk itu merupakan kebutuhan utama dari pengakses internet atau tidak. Produk ini bisa berupa barang keras (produk SPP : sandang, pangan dan papan) dan barang lunak (jasa dan service).


Kiat Memulai Bisnis melalui Internet

Pelaku bisnis melalui internet kebanyakan adalah pebisnis UKM, atau home-based. Sehingga   dikenal   istilah   home-based-internet-business,   internet   bisnis   SOHO   (small office/home  office)  dan  sejenisnya.  Home-based-business  ini  hanya  memerlukan  modal awal  yang  kecil,  tetapi  begitu  bisnisnya  dijalankan  dengan  benar  akan  menghasilkan income yang besar. Bisnis ini bagi orang-orang yang selalu mencari peluang usaha dan para wirausahawan  di  internet  (atau  istilah  barunya  adalah  netrepreneur,  gabungan  dari  kata
'internet'  dan  'entrepreneur'),  internet  telah  menjadi  sarana  yang  sangat  mudah  dan  cepat

untuk mendapatkan keuntungan.

Menurut Dr. Ken Evoy, pendiri website 'Make Your Site Sell !' yang sangat sukses, ada 3 langkah besar untuk menjalankan internet bisnis, yaitu :
Langkah 1 : Mengembangkan produk unggulan yang akan dijual di web shop.

Langkah 2 : Membangun web shop yang mampu menjual produk tersebut.

Langkah 3 : Menarik pengakses internet untuk berkunjung ke web shop tersebut.

Bagi  netrepreneur,  langkah  pertama  akan  diawali  dengan  analisa  market  internet untuk  mengetahui  kecenderungan  pasar  (market  tend)  terhadap  produk.  Analisa  ini  bisa dilakukan dengan mengumpulkan data produk tersebut melalui search engine, surat kabar,




     20


internet-intranet




program televisi atau sumber lain. Produk dari hasil analisa pasar ini akan menjadi produk

unggulan,   produk   laik   jual.   Produk   ini   akan   memenuhi   proyeksi   keuntungan   yang diperkirakan di awal.
Langkah  berikutnya,  yaitu  membangun  website  atau  homepage  untuk  web  shop

dengan tampilan yang menarik sebagai tempat untuk menjual produk unggulan dan produk- produk  lainnya.  Akan  tetapi  perlu  diingat  bahwa  karakteristik  pengakses  internet  di Indonesia  adalah  90%  mengakses  dengan  dial-up  .  Sehingga  tampilan  web  shop  dengan content yang berat hendaknya dihindarkan, karena akan susah diakses dan sangat lambat. Langkah 3 adalah langkah terakhir  yang paling menentukan berhasil atau tidaknya bisnis melalui internet. Semakin banyak pengakses internet yang mengunjungi web shop, semakin membuka peluang penjualan produk. Dengan kata lain, adalah bagaimana menjadikan web shop  memiliki  akses  ranking  yang  tinggi,  sehingga  apabila  ada  pengakses  internet  yang akan mencari suatu produk bisa dengan mudah ditemukan di web shop tersebut. Salah satu indikasi  akses  ranking  yang  tinggi  dari  sebuah  web  shop  adalah  apabila  kita  search  kata yang ada pada content web shop, hasilnya muncul pada halaman pertama.
Beberapa kiat untuk menaikkan ranking situs.

1.   SSitus web shop yang sederhana, tetapi menarik dan ringan diakses

2.   SKonten website berisi kata-kata umum dan baku

3.   Mendaftarkan situs web shop di semua search engine

4.   Membuka web shop di situ web shop mall yang sudah terkenal

5.   Bergabung di web shop Mall yang gratis

6.   Mengiklankan web shop di web engine (Google, Yahoo, Infoseek, dll.)

7.   Tukar menukar banner dengan web shop yang lain (reciprocal link concept)

8.   Membuat "mail magazine"



Kendala Bisnis melalui Internet

Akhir-akhir   ini   banyak   berita   mengenai   perusahaan-perusahaan   dotcom   yang bangkrut.  Data  memang  menunjukkan  bahwa  hanya  5%  dari  puluhan  juta  website  yang mampu  bertahan  dan  memperoleh  keuntungan  dari  internet  bisnis.  Banyak  perusahaan besar yang terkena 'internet business syndrome' dengan menginvestasikan dana besar untuk




     21


internet-intranet




ikut  masuk  ke  dalam  bisnis  internet,  tapi  tanpa  menjalankan  bisnisnya  dengan  konsep

manajemen yang jelas dan benar.

Beberapa kendala dalam melakukan bisnis melalui internet (kasus di Indonesia) bisa disampaikan sbb. Kendala ini sekaligus menjadi tantangan dan peluang bagi netrepreneur untuk meraih kesuksesan berbisnis melalui internet.
1.   Terbatasnya  sambungan  internet  broadband  baik  berbasis  DSL/ADSL  dan  fiber

optic.

2.   Kurang   adanya   kepercayaan   terhadap   internet   banking   untuk   e-payment   atau pembayaran electronik via internet dengan kartu kredit yang dikeluarkan bank lokal Indonesia.
3.   Kurang  adanya  sarana  penunjang  bisnis  internet,  seperti  layanan  "pembayaran antara" untuk COD (Cash on Delivery) dan layanan antar barang.
4.   Masih  rendahnya  kepercayaan  masyarakat  kepada  web  shop,  yang selaras  dengan masih  kuatnya  pasar  tradisional.  Rendahnya  kepercayaan  masyarakat  ini  juga didukung  oleh  kurang  bisa  dipercayanya  pelaku  web  shop  dalam  berbisnis  di internet.
5.   Minimnya    propaganda    berbisnis    melalui    internet    oleh    pakar    IT    maupun netrepreneur/pelaku bisnis di internet.
6.   Belum adanya dukungan pemerintah atau lembaga terkait dalam hal kebijakan dan regulasi.


Bisnis Model

Bisnis  model  merupakan  Inti  utama  yang  disampaikan  dalam  karya  ini  adalah bahwa  model  bisnis  dari  sebuah  perusahaan  startup  di  bidang  Teknologi  Informasi  (atau sering dikenal dengan istilah "dotcom", meskipun tidak semua perusahaan TekInfo dapat dikategorikan dotcom). Dewasa ini banyak yang menggunakan internet sebagai jalan untuk mempermudah  pekerjaan  atau  bisnis  mereka.  Banyak  toko-toko  online  24  jam  untuk melayani  konsumen  diseluruh  belahan  dunia.  Pada  intinya  kita  dapat  membeli  apa  saja yang   kita   butuhkan   didalam   internet.   Sebagai   contoh   sekarang   banyak   Distro   yang






     22


internet-intranet




membuka situs untuk mempromosikan barang baru dan menarik konsumen untuk membeli

tanpa harus datang ketempat tersebut.

Sekarang  ini  banyak  penjualan  barang  elektronik;  HP,  laptop,   perangkat  keras bahkan perangkat lunakpun banyak yang dijual lewat internet karena dengan lewat internet pemasaran  tidak  banyak  makan  biaya  dan  waktu.  Contohnya  antivirus,  aplikasi  game, musik dll.


Salah satu contoh model bisnis:

Linux dan Bisnis Model Open Source

Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source. Ada banyak lisensi yang bersifat open  source.  Lisensi-lisensi  yang  bersifat  open  source  didefinisikan  dalam  Open  Source Definition dan disertifikasi oleh Open Source Organization.
Pada  umumnya,  program-program  yang  membentuk  Linux  berlisensi  GNU  Public License. Setiap orang tidak hanya berhak memperoleh software bersifat open source secara gratis, tetapi juga berhak memodifikasi source code software tersebut.
Meracik software yang bersifat open source menjadi satu software yang mudah diinstalasi

dan digunakan, kemudian menjualnya dengan menyertakan pelayanan dan support kepada pembeli adalah bentuk dasar dari bisnis model open source. Kelebihan dari bisnis model ini adalah,  biaya  untuk  membangun  sebuah  software  dapat  ditekan  serendah  mungkin  tanpa mengurangi kualitas dari software tersebut.
Walaupun bisnis model ini tidak lebih sederhana  dari bisnis model software  yang

konvensional,  penulis  yakin  bahwa  bisnis  model  ini  bisa  menjadi  satu  pemecahan  untuk mengatasi   pembajakan   software   yang   merupakan   masalah   besar   di   dunia   software komputer.  Di  Indonesia  sendiri  kurang  lebih  90%  dari  software  yang  ada  di  masyarakat adalah software bajakan. Kondisi ini pula merupakan salah satu kendala yang menghambat perkembangan dunia software di Indonesia.
Pada   masa   mendatang,   dimulai   dari   Linux,   diperkirakan   akan   muncul   banyak

perusahaan software yang akan membuat produknya secara open source. Bila budaya open source ini dapat juga berkembang di Indonesia, hembusan angin segar akan dapat dirasakan oleh pengembang software di tanah air.




     23


internet-intranet






a.   Sumber daya system

Sistem  ERP  adalah  sebuah  terminologi  yang  diberikan  kepada  sistem  informasi yang  mendukung  transaksi   atau   operasi   sehari-hari   dalam   pengelolaan   sumber   daya perusahaan.  Sumber  daya  tersebut  meliputi  dana,  manusia,  mesin,  suku  cadang,  waktu, material dan kapasitas.
Sistem   ERP   dibagi   atas   beberapa   sub-Sistem   yaitu   Sistem   Financial,   Sistem Distribusi, Sistem Manufaktur, dan Sistem Human Resource. Contoh sistem ERP komersial antara  lain:  SAP,  Baan,  Oracle,  IFS,  Peoplesoft  dan  JD.Edwards.  Selain  itu  salah  satu sistem ERP open source yang populer sekarang ini adalah Compiere.
Untuk mengetahui bagaimana Sistem ERP dapat membantu Sistem operasi bisnis kita, mari kita perhatikan suatu kasus kecil seperti di bawah ini.
Katakanlah  kita  menerima  order  untuk  100  unit  Produk  A.  Sistem  ERP  akan membantu  kita  menghitung  jumlah  barang  yang  dapat  diproduksi  berdasarkan  segala keterbatasan sumber daya yang ada saat ini.
Apabila  sumber  daya  tersebut  tidak  mencukupi,  Sistem  ERP  dapat  menghitung

berapa   lagi   sumberdaya   yang   diperlukan,   sekaligus   membantu   kita   dalam   proses pengadaannya.  Ketika  hendak  mendistribusikan  hasil  produksi,  Sistem  ERP  juga  dapat menentukan cara pemuatan dan pengangkutan yang optimal kepada tujuan yang ditentukan pelanggan.  Dalam  proses  ini,  tentunya  segala  aspek  yang  berhubungan  dengan  keuangan akan tercatat dalam Sistem ERP tersebut termasuk menghitung berapa biaya produksi dari
100 unit tersebut.

b.   Revenue Model

Memang    aneh    di    Indonesia    ini,    media    promosi    dan    pemasaran    dengan memanfaatkan  situs  pencari  tidak  populer  namun  kebanyakan  dari  para  pebisnis  dan manajer pemasaran di Indonesia menggunakan situs pencari dalam upayanya mendapatkan berbagai  informasi.  Populer  atau  tidak  populer  di  negeri  kita  ini,  baiklah  saya  ingin menguraikan 9 prediksi ttg bagaimana industri bisnis situs pencari mendapatkan revenue di tahun 2003 ke depan:






     24


internet-intranet




Prediksi#1.

Industri Optimisasi Bisnis ke Situs Pencari akan Berkembang -

Industri  pemasaran  yang  memanfaatkan  promosi  dari  situs  pencari  -  untuk  mendapatkan ekspos  promosi  yang  maksimal  -  akan  meningkat,  mengingat  86%  dari  para  pengguna Internet  memanfaatkan  situs  pencari  dalam  mencari  informasi  apa  pun.  Oleh  karena  itu, penting sekali mempromosikan situs bisnis Anda ke situs pencari dan direktori web, untuk mendapatkan pasar yang sudah "tersegmen".


Prediksi#2.

KEMITRAAN -

Untuk  dapat  hidup,  sudah  hal  yang  lumrah  adalah  untuk  bermitra,  hal  itu  nyata  dalam industri apa pun bahkan di Indonesia, karena itu situs pencari pun harus bermitra dengan situs pencari yang lain. Contohnya adalah Yahoo! Dengan Google! Mereka bermitra satu sama lain untuk kuat di pasar. Begitu pula kemitraan ini terjadi antara perusahaan online maupun  offline  khususnya  antara  situs  pencari  dengan  perusahaan  komunikasi  maupun perusahaan media.


Prediksi#3.

Meningkatnya Model Paid Submission -

Mengingat  kembali  ke  bulan  November  2000,  Looksmart  adalah  satu-satunya  dari  situs pencari utama dan direktori web yang meminta bayaran jika suatu situs web ingin diindeks. Baru  sebulan  kemudian  Yahoo  juga  meminta  bayaran  untuk  jenis  pelayanan  bisnis  yang sama. Kemudian tahun 2002, tren harga untuk jenis pelayanan bisnis ini mencapai hingga USD 299, dengan demikian terciptalah suatu standar baru untuk kategori industri ini dan kemudian  Yahoo!  Membuktikannya  dengan  memperoleh  pangsa  pasar  yang  lebih  besar sekaligus    bermitra    dengan    pemain    lain    di    industri    yang    sama    (Looksmart). Trennya  bahwa  pelayanan  bisnis  Paid  Submission  ini  akan  tetap  dalam  hal  biaya  untuk tahun 2003 juga. Namun tidak menutup peluang bahwa situs-situs pencari dan direktori lain pun akan mengikuti tren yang sama pula khususnya untuk kategori bisnis. Dan dalam hal ini, dapat diperkirakan Google akan menjadi yang pertama.




     25


internet-intranet






Prediksi#4.

Ajal Bagi Para Spammer -

para pelaku spammer, bukan hanya terjadi pada dunia email saja, namun juga dalam dunia situs pencari, akibatnya pencarian informasi yang kita lakukan seringkali tidak relevan, nah untuk  mengatasi  hal  ini,  Google  belum  lama  memperkenalkan  suatu  halaman  web  yang berisi laporan tentang para spammer, di URL
http://www.google.com/contact/spamreport.html sehingga orang dapat menilai kualitas dari

situs web yang mereka cari di halaman index dari Google.

Hal ini pun memungkinkan siapa pun dapat memberikan nilai pada situs tersebut misalnya, apakah cukup memberikan informasi yang baik.
Google dalam hal ini sebagai pemrakarsa untuk menutup jalan para para spammer di dunia

situs  pencari  yang  akan  diikuti  pula  oleh  situs  pencari  lainnya  dalam  waktu  dekat. Maka hasilnya pencarian akan lebih relevan dalam hal isi dan konteksnya khususnya untuk mulai tahun 2003 dan seterusnya.


Prediksi#5.

Meningkatnya Model Pay For Performance (PFP) -

Bila  Anda  mengingatnya  setahun  yang  lalu,  hanya  ada  beberapa  situs  pencari  yang menawarkan model PFP, Anda lihat bukan betapa pentingnya PFP ini (termasuk Pay-Per- Click option, paid inclusion,
sponsored  listing  dan  pembelian  keyword).  Hampir  semua  situs  pencari  utama  sekarang menawarkan   beberapa   jenis   pilhan   PFP   dan   setiap   kampanye   SEO   (search   engines optimization)  memiliki  beberapa  komponen  PFP  untuk  mendapatkan  hasil  pencarian  yg terbaik.
Terus  terang  saja,  ini  merupakan  tren  yang  bakal  terus  meningkat  yang  akan  diterapkan oleh  situs  pencari  utama  maupun  direktori  web  dalam  bentuk  pilhan  PFP,  entah  itu dilakukan  sendiri  (contohnya  Looklisting dari  Looksmart  yg  diperuntukkan  untuk  UKM) atau menggunakan mitra luar (misalnya Yahoo bermitra dengan Overture). Juga demikian halnya  semakin  banyak  gaya  SEO  tradisional  memanfaatkan  PFP  sejak  tahun  2002  ini,




     26


internet-intranet




karena manfaatnya dapat dirasakan oleh bisnis jenis UKM sekalipun dan kemunculannya di

hasil pencarian tidak dapat disangsikan.



Prediksi#6.

Kematian Bagi Salah Satu -

Dalam industri apa pun, selalu ada  yang menang dan ada  yang kalah.  Begitu juga dalam industri  situs  pencari  akan  ada  yang  mati  entah  itu  di  kategori  situs  pencari  maupun  di kategori direktori web. Dan mereka  yang mati adalah yang tidak dapat memberikan hasil pencarian yang relevan dan terbaru kepada para pencari informasi.


Prediksi#7.

Berpindah dari In-House ke Outsource -

Mengoptimisasi situs bisnis Anda ke situs pencari tidak saja melibatkan teknik optimisasi tradisional,   namun   juga   melibatkan   manajemen   PPC   atau   PFP,   teknik   penulisan
(copywriting)  suatu  situs,  melakukan  riset  suatu  keyword,  konsultasi  pemasaran  dan industri.  Seraya  metode  optimisasi  ke  situs  pencari  merupakan  hal  yang  kompleks  dan memakan banyak waktu, karena itu semakin banyak perusahaan akan menggunakan pihak ketiga  untuk  melakukan  optimisasi suatu  situs  bisnis  untuk ditempatkan ke  situs  pencari, sebaliknya daripada melakukannya sendiri.
Sebab  itu,  tantangan  bagi  para  spesialis  promosi  di  situs  pencari  untuk  menajamkan keahlian mereka terus menerus seraya perkembangan yang dinamis dari PFP, PPC sehingga mereka tetap kompetitif.


Prediksi#8.

Guncangan Dalam Industri Optimisasi Situs Bisnis ke Situs Pencari -

Tahun-tahun  ke  depan  menghadirkan  tantangan,  hanya  mereka  yang  mengikuti  trend  ini dapat bertahan dan yang tidak akan punah ditelan oleh waktu itu sendiri.


Prediksi#9.

Munculnya Teknologi-Teknologi Baru -




     27


internet-intranet




Seperti halnya di tahun-tahun yang lalu (penamaan domain bisa sampai 67 karakter, Ezula,

Zeus, dan MS Smart Tags), diyakini pasti akan muncul beberapa perkembangan teknologi yang cukup signifikan di tahun 2003 dan seterusnya yang akan mempengaruhi peta bisnis situs pencari.


Anda  mungkin  akhir-akhir  ini  sering  dibikin  SHOCK  dengan  banyaknya  berita tentang  runtuhnya  bisnis  dotcom  di  tengah  berkembangnya  teknologi  internet.  Apalagi media   masa   menyorotnya   seolah-olah   masa   depan   internet   bisnis   tidak   cerah   lagi. Jika  anda  mengikuti  berita  tentang  internet,  saat  ini  ada  puluhan  juta  website  yang meramaikan  dunia  internet,  tetapi  TIDAK  LEBIH  dari  5%  dari  seluruh  website  tersebut yang MAMPU memperoleh keuntungan dari internet bisnisnya.
Berita baiknya, di dalam 5% yang sukses tersebut ternyata kebanyakan adalah justru

internet    bisnis    perorangan,    SOHO    (Small    Office/Home    Office),    dan    sejenisnya. Ada SATU faktor PALING UTAMA dan TERPENTING untuk sukses di internet bisnis, tetapi   faktor   ini   justru   diabaikan   oleh   pebisnis   besar   yang   akhirnya   mengakibatkan runtuhnya bisnis dotcom mereka. Di lain pihak, satu faktor inilah yang menjadikan internet bisnis  perorangan/SOHO  sukses  masuk  di  dalam  5%  tersebut.  Dan  tanpa  bermaksud menyombongkan  diri,  internet  bisnis  kami,  yang  akan  diceritakan  sebentar  lagi,  telah berhasil  berada  di  dalam  kelompok  5%  di  atas.  Jadi,  apakah  SATU  FAKTOR  PALING UTAMA  dan  TERPENTING  itu  ?  Hanya  2  kata  saja  jawabannya,  yaitu  …  NICHE MARKET!
Anda tentunya pernah mendengar kata ini, tetapi mungkin belum menyadari betapa

powerfulnya  efek  yang  dihasilkan  dari  penerapan  kata-kata  tersebut,  karena  saya  telah merasakannya, dan ingin berbagi dengan anda melalui tulisan ini. "Niche" pada pokoknya adalah  sebuah  kelompok  orang/pasar  dengan  "area  of  interest"  yang  sempit/khusus  di tengah  pasar  yang  lebih  besar.  Secara  mudahnya,  "niche  marketing"  adalah  lawan  dari
"mass  marketing".  Mass  marketing  berusaha  mencapai  seluruh  target  pasar  yang  sangat

besar tanpa memilih sebuah target khusus. Kegagalan bisnis dotcom biasanya disebabkan oleh  ambisinya  untuk  menyediakan  segala  sesuatu  untuk  semua  orang.  Sedangkan  niche marketing memfokuskan pada produk yang KHUSUS dan TERFOKUS untuk target pasar




     28


internet-intranet




yang SANGAT SPESIFIK.. Contoh yang nyata dan terdekat adalah internet bisnis saya di

www.balitacerdas.com  yang  menyediakan  informasi  tentang  perkembangan  anak  usia  di bawah  3  tahun  (batita)  dalam  bentuk  buku  elektronik  (ebook)  yang  berjudul  "3  Tahun Pertama yang Menentukan".
Jika  anda  mengunjungi  website  www.balitacerdas.com  tersebut,  anda  akan  tahu bahwa  informasi  yang  ada  adalah  sangat  spesifik  dan  terfokus  HANYA  untuk  orang  tua yang mempunyai  anak  batita,  dan  khusus  tentang PERKEMBANGAN  anak  batita,  tanpa membahas  masalah  penyakit/kesehatannya.  Hasilnya…,  website  tersebut  telah  berhasil menjadi  mesin  pencetak  uang  saya  di  internet  !  Seperti  itulah  contoh  niche  market. Jika    anda    pernah    mengikuti    kursus    melalui    email    "eBook    Magic!"    di www.bukuelektronik.com , ada sebuah contoh cerita tentang produk untuk niche market di dalam  seorang  pegawai  perusahaan  jual/beli  mobil  bekas  yang  tidak  disadari  oleh  orang tersebut.
Contoh ilustrasinya, jika anda adalah seekor ikan kecil di kolam yang besar, hampir pasti

anda akan dimakan oleh ikan yang lebih besar. Tetapi, jika anda adalah seekor ikan besar di kolam kecil, hidup anda akan jauh lebih nyaman, tanpa takut ada ikan yang lebih besar di kolam  tersebut.  Jadi,  untuk  sukses  di  internet  bisnis,  pikirkanlah  tentang  niche  market. Pikirkanlah untuk menjadi ikan besar di dalam kolam kecil.




Latihan Soal.

1.   Jelaskan sejarah singkat dari perkembagan intrenet di dunia !

2.   Jelaskan manfaat dari penggunaan internet !

3.   Jelaskan kiat-kiat untuk dapat meningkatkan rangking website yang kita miliki !

4.   Jelaskan kendala yang mungkin di hadapi dalam bisnis internet !

5.   Jelaskan secara singkat prediksi dari perkembangan internet !


 (Download Lebih Lengkap)


Tag :

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP