Mata dan Proses Berkendara | I'm Virtual Ambassador Safety Riding Honda Bengkulu

>> Jumat, 23 April 2010



Apa kabar para netter pembaca setia blog click-klik "Safety Riding Honda Bengkulu"?
Semoga baik-baik saja, bukan?
Kali ini Duta Virtual Safety Riding Honda Bengkulu, mau ngebahas tentang "Mata dan Proses Berkendara".
Oke, langsung aja baca artikelnya...
Selamat Membaca! 
Eiits, tapi bacanya jangan ngebut ya...
^^




Mata Anda tentunya begitu berpengaruh dalam melakukan proses berkendara kendaraan Anda. Nah kira-kira bagaimana melakukan sinkronisasi mata dalam proses berkendara. 

Berikut penjelasan siklus proses berkendara :
1. Perception, pengendara mengidentifikasi dan waspada terhadap potensi bahaya di lalu-lintas sekelilingnya.

2. Judgement, mengambil keputusan untuk menghadapi situasi yang terjadi dan akan terjadi

3. Operation, menjalankan keputusan yang diambil.

Pada proses perception, manusia sangat membutuhkan mata untuk menangkap informasi kemudian mengidentifikasinya. Apabila mata tidak berfungsi dengan baik maka informasi yang dikumpulkan menjadi salah. Akibatnya judgement dan operation yang dijalankan menjadi salah.

Oleh sebab itu penting untuk menjaga mata agar dapat berfungsi dengan baik. Beberapa hal yang menganggu fungsinya untuk mengumpulkan informasi adalah sbb :

1. Mengantuk, dengan mata tertutup, maka mata tidak bisa mendapat informasi apa-apa :)

2. Buta warna, rambu-rambu lalu-lintas dibuat dengan berbagai warna yang masing-masing mempunyai maksud tersendiri.

3. Bergerak, semakin cepat kita bergerak maka ketajaman mata akan semakin menurun.

4. Ruang lingkup, semakin cepat kita bergerak maka ruang lingkup yang dapat dilihat oleh mata akan semakin mengecil.

5. Silau, mata yang silau tidak dapat menangkap informasi apa-apa

6. Adaptasi gelap terang, pada saat kita berpindah dari ruang yang terang kemudian ke gelap atau sebaliknya maka mata membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Selama waktu tersebut maka mata tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ternyata mata mempunyai kelemahan-kelemahan terlebih lagi saat kita bergerak atau berpindah dari ruangan yang berbeda intensitas cahayanya. Hal-hal tersebut harus dihindari untuk mendapatkan proses berkendara atau mengidentifikasi yang optimal.

:repost: 
Artikel asli diambil di halaman web resmi hidupaman.com
Thanks to google.com as S.E.


...Satukan Hati Bersama Honda, Wujudkan Safety Riding di Indonesia...

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP