Internet Sebagai Komunikasi

>> Senin, 05 Oktober 2009

TUGAS
TEKNIK INFORMATIKA
“INTERNET SEBAGAI KOMUNIKASI”


KATA PENGANTAR

Puji syukur kita ucapkan kehadirat ALLAH SWT. Karena dengan rahmat dan karunia-Nya lah ,kami dapat menyelesaikan Tugas Teknik Informatika ini yang berjudul Internet Sebagai Komunikasi. Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas mata pelajaran Teknik Informatika.
Kami menyadari bahwa Tugas Teknik Informatika ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kritik dan sarannya sangat kami harapkan untuk perbaikan dan penyempurnaan dimasa akan datang untuk itu kami ucapkan terimakasih.
Semoga Tugas Teknik Informatika ini ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan bagi yang membacanya.

Bengkulu, 08 September 2008



Penulis




DAFTAR ISI
Halaman Judul
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan
BAB II ISI
BAB III Simpulan dan Saran
4.1 Simpulan
4.2 Saran
Daftar Pustaka


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Internet merupakan kebutuhan dari seiap kalangan baik kalangan remaja, orang tua, dan lain-lain. Internet dapat dijadikan komunikasi jarak jauh yang lebih praktis dan murah, apalagi sekaranag banyak provider yang menyediakan jasi internet seperti speedy dan operator selular. Komunikasi dengan internet dapat melalui chatting, e-mail, maupun friendster.
1.2 Tujuan
a. Untuk mengetahui apa itu e-mail, friendster, dan chatting.
b. Untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi menggunakan internet.


BAB II
ISI

A. E-Mail
1. Pengertian E-mail
Kita telah bahas apa itu internet, dan di dalam internet salah satu fasilitasnya adalah kita dapat mengirim surat melalui internet. Dengan fasilitas tersebut kita dapat mengirim kepada siapa saja [mereka yang telah memiliki account email juga] kapan saja dimana saja dalam hitungan detik [saat send maka dalam hitungan detik sudah sampai di inbox [kotak surat] tujuan. Email atau e-mail adalah singkatan untuk Electronic Mail, atau dalam bahasa Indonesia berarti surat elektronik. Halaman kamus di Wikipedia Indonesia memberikan sebuah kosa kata baru sebagai singkatan dalam bahasa Indonesia, yaitu surel. Namun kita memang familiar dengan kata "email".
2. Sejarah Singkat E-mail
Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Namun belum banyak yang bisa menggunakan surat elektronik ini. Mulai tahun 1980-an, barulah surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Bahkan, sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
3. Penyedia E-mail
ISP setiap kita daftar account untuk berlangganan internet dipastikan kita diberikan minimal satu account email dengan akhiran nama isp tersebut. Misalnya CBN maka namaAnda@cbn.net.id.
WEB MAIL. Website yang menyediakan fasilitas email, contoh penyedia email terbesar adalah Yahoo mail, Google mail, dan masih banyak lainnya dan itu disediakan GRATIS.

B. Friendster
1. Pengertian Friendster
Friendster adalah sebuah komunitas online di internet yang memungkinkan setiap anggotanya untuk berhubungan dengan anggota yang laen dalam ikatan pertemanan. Hampir dua juta orang telah tergabung dalam komunitas yang didirikan sejak bulan Maret 2003. Anggota yang tergabung dalam friendster bisa mencari teman-teman baru maupun teman-teman lama melalui jaringan pertemanan satu dengan yang lainnya.
2. Fasilitas Dalam Friendster
Berbagai fasilitas selalu ditambahkan dalam web friendster, misalnya biodata, jumlah teman dan jaringan pertemanan, photo-photo pribadi, dan testimonial (atau kesaksian dari teman-teman). Setiap anggota dapat memasukkan biodata sesuai dengan apa yang diinginkannya, menambah dan mnegurangi jumlah teman ataupun memberikan kesaksian (testimonial terhadap teman kita yang lain). Tentunya friendster juga dilengkapi fasilitas untuk mencari teman kita berdasarkan email, nama lengkap, ataupun berdasarkan sekolahnya, kesamaan hobinya dan lain-lain. Ada lagi fasilitas untuk buletin board yaitu semacam mailing list yang hanya bisa dibaca oleh teman-teman kita sendiri.
C. Chatting
1. Pengertian Chatting
Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.
2. Langkah-Langkah Chatting
Langkah-langkah melakukan Chatting dengan Yahoo Messenger:
a. Double Click Icon Yahoo Messenger
b. Masukan User ID dan Password pada kotak dialog Sign In, Jika kita mau chatting maka kita harus punya dulu USER ID dan PASSWORD agar kita bisa masuk dan memilih room yang kita inginkan. Banyak diantara pengguna internet di Indonesia yang sudah memahami dengan baik apa itu chatting. Program yang biasanya dipakai untuk chatting pada umumnya adalah Yahoo Massenger dan MSN Hotmail yang bisa kita download dari websitenya secara gratis.
c. Tekan Enter atau Click Sign In pada kotak dialog, tunggu beberapa saat.
d. Kemudian pilih room yang kita inginkan.


BAB III
SIMPULAN DAN SARAN

3.1 Simpulan
1) Komunikasi menggunakan internet dapat menjadi lebih praktis dan murah.
2) Komunikasi menggunakan internet dapat melalui chatting, e-mail, dan friendster.
3.2 Saran
Data-data tentang pokok bahasan ini mungkin banyak kekurangan. Oleh karena itu, diharapkan data-data tentang pokok bahasan ini dapat lebih spesifik dan rinci lagi.


DAFTAR PUSTAKA
http://www.duniacyber.com/
http://nyunyunrames.wordpress.com/
http://www.vanlith-mtl.sch.id/

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP