Contoh Larutan Elektrolit & Non-Elektrolit

>> Selasa, 27 Oktober 2009

1
a. Larutan CH3COOH
b. Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen koordinasi, karena atom C dan atom O dapat berikatan dengan menggunkan bersama pasangan elektron bebas dari atom C. CH3COOH tergolong larutan elektrolit lemah karena jumlah ion yang dihasilkan sedikit. Dan termasuk dalam ikatan ini bersifat polar karena memiliki kelektronegatifan yang sangat besar.
c. Kesimpulan
Dapat menghantarkan arus listrik






2
a.Larutan NaOH
b.Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan NaOH adalah ikatan ion, karena ikatan yang terjadi antara atom logam dan nonlogam. Karena menghasilkan banyak ion dan tergolong ikatan ion, maka larutan ini tergolong larutan elektrolit kuat. Dan termasuk dalam ikatan ini bersifat polar karena memiliki kelektronegatifan yang sangat besar.
c.Kesimpulan
Dapat menghantarkan arus listrik


3
a. Larutan CH4
b. Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan CH4 adalah ikatan kovalen tunggal, karena ikatan yang terjadi antara atom nonlogam dan nonlogam dan atom-atom tersebut menggunakan sepasang elektron bersama. Pada molekul CH4, atom pusat C berada ditengah dan secara simetris tertutup oleh oleh keempat atom H yang diikatnya. Hal ini menyebabkan tidak ada pemisahan muatan sehingga dipol tidak terbentuk. Sehingga dapat ikatan CH4 dapat termasuk/ bersifat polar, meskipun molekulnya non polar
c. Kesimpulan
Tidak dapat menghatarkan arus listrik


4
a. Larutan NaI
b. Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan yang terjadi dalah ikatan ion, karena ikatan tersebut antara logam (Na) dan atom nonlogam (I). Dan karena menghasilkan banyak ion dan tergolong ikatan ion, maka larutan ini tergolong larutan elektrolit kuat. Selain itu, ikatan ini bersifat polar karena memiliki kelektronegatifan yang sangat besar.
c. Kesimpulan
Dapat menghantarkan arus listrik


5
a. Larutan Cl2
b. Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan NaOH adalah ikatan kovalen tunggal, karena ikatan yang terjadi antara atom nonlogam dan nonlogam dan atom-atom tersebut menggunakan sepasang elektron bersama. Tetapi, Cl2 memiliki perbedaan nilai keelektronegatifan yang sedikit, sehingga dapat digolongkan ke dalam ikatan kovalen polar
c. Kesimpulan
Tidak dapat menghantarkan arus listrik


6
a. Larutan AgCl
b. Keterangan Jenis Ikatan
Jenis ikatan yang terjadi dalah ikatan ion, karena ikatan tersebut antara logam (Ag) dan atom nonlogam (Cl). Dan karena menghasilkan banyak ion dan tergolong ikatan ion, maka larutan ini tergolong larutan elektrolit kuat. Selain itu, ikatan ini bersifat polar karena memiliki kelektronegatifan yang sangat besar.
c. Kesimpulan
Dapat menghantarkan arus listrik

0 komentar:

Posting Komentar

what is your comment?. ^^

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP